Cegah Penularan Virus Corona Dengan Langkah Sederhana Ini

Cegah Penularan Virus Corona Dengan Langkah Sederhana Ini

Awal kemunculan virus corona adalah pada akhir 2019 di Wuhan China. Sementara untuk di Indonesia pertama kali di umumkan adanya kasus positif corona pada maret 2020. Ada dua orang warga Depok yang positive terjangkit corona. Kedua orang tersebut adalah ibu dan anak, diduga tertular virus covid setelah berinteraksi dengan warga negara Jepang yang baru terkofirmasi positif corona setelah sampai di Malaysia (setelah meninggalkan Indonesia, WNA tersebut ke Malaysia).

Berdasarkan laman https://covid19.go.id/, sampai tanggal 26 Juli 2020, terdapat 98.778 orang positif terinfeksi Covid19. Sebanyak 56.655 orang sembung dan 4.781 orang meninggal. Angka yang besar tentu saja dengan korban jiwa sebanyak itu. Tetapi kita tidak boleh lantas putus asa, karena angka kesembuhannya juga jauh lebih tinggi dibanding angka kematiannya.

Di awal-awal Indonesia terdapat pasien positive corona, membuat warga panik. Dampak dari kepanikan tersebut, masyarakat memborong masker medis, hand sanitizer, bahkan ada yang membeli APD. Yang tambah memperkeruh keadaan adalah adanya oknum  yang membuat momen seperti ini menjadi lahan usaha. Para pedagang nakal, banyak yang menimbun masker dan hand sanitizer sehingga stok dipasaran sangat terbatas. Ujungnya selain sangat susah di cari, harga juga meroket berkali lipat dari harga biasanya.

Padahal dengan cara sederhana ini juga ada cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Cara mudah, murah, adalah dengan rajin mencuci tangan. Hand sanitizer adalah salah satu solusi bagia anda yang tidak sempat ke ke kamar kecil untuk cuci tangan. Kandungan pada handsinitizer bekerja dengan membunuh bakteri dan virus, sedangkan cuci tangan akan mengangkat/menghilangkan kotoran, bakteri, virus dan partikel berbahaya lain yang menempel di tangan. Jadi cuci tangan jelas lebih baik dibandingkan hand sanitizer yang hanya mensterilkan bakteri virus dan masih tetap dapat meninggalkan spora/pestisida.

Berikut adalah cara mencuci tangan agar bersih dari kuman, bakteri,  virus, dll:

  1. Basahi tangan kemudian tuang sabun di telapak tangan
  2. Satukan/tangkupkan telapak tangan dan gosok-gosok
  3. Gosok bagian belakang tangan bergantian
  4. Gosok celah anatara jari
  5. Tangan kakan dan kiri saling menggenggam dan jari di tautkan agar bagian dalam jari ikut bersih
  6. Gosok ibu jari memutar, secara bergantian
  7. Gosok memutar jari pada telapak tangan bergantian
  8. Bilas dengan air, kemudian keringkan

Untuk lebih jelas, silahkan simak video berikut:

Source:Youtube Channel Ini Kata Dokter

0 Comments

Leave Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *